BAB I
PROFIL
PERUSAHAAN
A. Deskripsi Umum Perusahaan
Latar Belakang
Siapa
yang tidak mengkenal risol? Risol
merupakan jajanan yang sebenarnya sudah begitu lama dikenal. Sebagai jajanan
pasar, risol dijual dalam bentuk siap saji sudah memiliki permintaan pasar yang
relatif stabil.Tetapi risol yang sekarang banyak dijual di pasaran yaitu berisi
sayuran.Terdengar biasa saja karena
kebanyakan orang sering membeli risol
yang berisi sayuran. Kami memilih jenis usaha “RISOL MAYONAISE” agar para penikmat jajanan/kuliner lezat ini dapat
memilih beberapa isi sesuai kesukaan mereka dari risol ini dengan isi beef asap atau sosis sapi. Harganya pun terjangkau bagi semua
kalangan sesuai dengan rasa gurih dan bercampur rasa manis dan gurih yang ditawarkan pada risol ini.
Usaha
ini merupakan suatu kegiatan usaha yang bergerak di
bidang makanan ringan khususnya “Risol”. Kegiatan usaha ini bertujuan untuk mengembangkan bisnis usaha rumahan
dengan tujuan memenuhi keinginan konsumen.
B.
Riwayat Perusahaan
Usaha ini dibentuk oleh kami untuk
berwirausaha dan sebagai implementasi dari mata kuliah Komunikasi Bisnis.
C.
Visi dan Misi Perusahaan
VISI
Memproduksi dan menjual Makanan yang
Sehat, Halal, Enak, Bermutu, dan berbeda dari makanan lain. Kepuasan pelanggan
adalah prioritas kami.
MISI
a.
Makanan yang berbeda dengan yang
lain
b.
Dari bahan
berkualitas segar dan halal
c.
Kerjasama yang baik adalah pedoman
kami
d.
Membangun hubungan yang baik antara
Produsen dan Konsumen
e.
Melayani dengan Etika yang baik
f.
Kepuasan Konsumen penghargaan
tertinggi kami
g.
Mengutamakan kualitas dalam hal
apapun yang dilakukan (pelayanan) dan disajikan (makanan).
h.
Mengembangkan inovasi-inovasi baik
dalam produk maupun pelayanan dengan Professional.
i.
Menumbuhkan ketrampilan dan
pengetahuan produsen guna mencapai performa operasional yang maksimal.
j.
Mengembangkan usaha di beberapa
tempat yang strategis untuk menjadi usaha terbaik di Indonesia.
D.
Jenis Usaha yang Dikelola
Usaha ini bergerak di bidang makanan yaitu pembuatan Risol Mayonaise. Kami memilih usaha di bidang makanan karena usaha ini disesuaikan dengan kebutuhan dan dengan skill yang saya miliki serta faktor pendukung yang memadai untuk megembangkan usaha ini.
E.
Jenis Usaha yang Direncanakan
Kami membuat suatu usaha di bidang makanan yaitu pembuatan “Risol Mayonaise”. Yang isinya
berbeda dari risol pada umumnya, dimana risol ini berisi beef asap atau sosis
sapi, telur, bawang bombay yang kemudian dipadukan dengan mayonaise.
F.
Tujuan
a. Untuk mencoba mengembangkan ide,
kreatifitas dan inovasi
b. Untuk mencari peluang bisnis
melalui kegiatan berwirausaha
c. Menambah pengalaman berwirausaha
bagi pemula
d. Menarik minat agar mahasiswa/i
lainnya agar mengembangkan diri di bidang kewirausahaan
e. Mengembangkan usaha Risol
Mayonaise agar semakin bisa menjangkau konsumen
BAB II
KEGIATAN PASAR
DAN PEMASARAN
A.
Lingkungan Usaha
Hal-hal yang
menjadi pendukung dalam kegiatan pengembangan pemasaran yang kami jalankan
adalah dari segi lokasinya. Selain dari segi lokasi, harga yang kami tawarkan juga relatif murah dengan
kualitas dan kuantitas produk. Di lokasi wilayah kami sendiri jenis usaha di bidang makanan khususnya Risol Mayonaise memiliki peluang yang sangat
menjajikan, karena makanan adalah kebutuhan primer manusia. Oleh karena itu kami bertekad mengembangkan usaha pembuatan Risol Mayonaise karena ditunjang dari
banyaknya peluang dalam mengembangkan jenis usaha ini.
B.
Kondisi Pasar
Jika melihat
kompetitor-kompetitor yang bergerak dibidang usaha yang sama, memang sudah
cukup banyak. Tetapi, kami menyiasatinya dengan inovasi berbeda dari
produk-produk yang sudah ada. Yaitu, dengan inovasi rasa yang lebih enak dan banyak, ukuran yang kecil (unik), harga yang
ekonomis, dan yang paling penting sehat dan higienis. Dengan ini, kami yakin
produk yang kami miliki mampu
bersaing dan laku dipasaran.
C.
Rencana Pemasaran
Dengan usaha Risol Mayonaise yang sudah memiliki pelanggan tetap, maka kami akan menambah pemasarannya dengan membuat brosur untuk mencari agen yang mau menjualnya , sehingga akan ada banyak yang membantu untuk mengembangkan usaha ini. Kami juga menerima
delivery order melalui media sosial yang kami share, seperti Instagram, Facebook, dan Twitter.
Lokasi, harga, promosi, dan yang paling penting produk . Produk ini
juga sangat akan kami sesuaikan seperti
pada kemasannya. kami sebagai penjual juga sangat memperhatikan guna melayani konsumen. Manajemen yang baik akan
kami terapkan di antara anggota dalam
perusahaan agar perusahaan ini berjalan dengan baik dan berkembang sesuai harapan.
BAB III
FAKTOR
PENGHAMBAT DAN PENDUKUNG
A. Faktor Penghambat
1.
Banyaknya
usaha yang sama
2.
Harga bahan
baku yang tidak stabil.
Tapi kami sudah merencanakan untuk memecahkan masalah faktor penghambat tersebut
diantaranya yaitu dengan berhati–hati dalam mengelola setiap anggaran dana yang
akan dikeluarkan. Sedangkan untuk mengatasi faktor yang kedua, yakni harga
bahan baku tidak stabil, kami menyiasatinya dengan membeli bahan di tempat langganan kami belanja.
B. Faktor Pendukung
1.
Kondisi tempat,
dan peralatan yang memadai
2.
Higienis dan
harga yang relatif terjangkau
3.
Merupakan salah
satu bagian produk yang banyak dibutuhkan oleh masyarakat.
C. ANALISIS SWOT
1. Strength
(kekuatan)
- Menjual
produk untuk semua kalangan (anak anak, remaja, dan orang tua)
- Memiliki keunikan rasa dari semua
risol yang berbeda dari risol biasanya
2.
Weakness (kelemahan)
- Sangat mudah
di buat sendiri, sehingga biasannya
orang memilih untuk membuatnya
sendiri
- Cara pembuatannya mudah di tiru
3. Opportunity
(peluang/kesempatan)
- Mudah dalam
pemasaran, karena makanan banyak orang yang tertarik kepada makanan camilan, disbandingkan makanan
berat
- Alat dan bahan mudah di temukan,
sehingga kami tidak merasa kesulitan dalam pembuatan camilan ini
- Modal yang di butuhkan tidak
besar, sehingga kami mampu memproduksinya terus-menerus.
- Harga terjangkau.
4.
Threat ( hambatan)
- Jika ada produsen baru yang membuat produk sama seperti kami.
- Pesaing
menambah varian dari isian risol
- Melakukan
strategi pemasaran yang lebih kompetitif.
BAB IV
ASPEK PRODUKSI
A. Alokasi Usaha
Usaha ini berlokasi di Bekasi, kami memilih
lokasi tersebut, karena tempatnya dekat dengan daerah pemasaran. yaitu
disekitar pusat belanja, dan
warung-warung kampus dan dekat dengan lokasi usaha tersebut. Kami juga
berproduksi di wilaya Bekasi, sehingga dapat memudahkan proses distribusi.
B. Fasilitas dan Peralatan Produksi
Dalam kegiatan
usaha ini kami menggunakan
fasilitas yang diperoleh dari modal sendiri, yaitu sebagai berikut :
PERALATAN
|
JUMLAH
|
HARGA
|
Kompor gas
|
1 buah
|
Rp. 0,-
|
Susuk
|
1 buah
|
Rp.0,-
|
Tabung Gas
|
1 buah
|
Rp.0,-
|
Pengocok
|
1 buah
|
Rp.0,-
|
Plastik
|
-
|
Rp. 10.000,-
|
Baskom
|
4 buah
|
Rp. 0,-
|
Wajan
|
1 buah
|
Rp.0,-
|
Nampan
|
1 buah
|
Rp.0,-
|
Lain-lain
|
-
|
Rp. 50.000,-
|
TOTAL JUMLAH
|
Rp. 60.000,-
|
C. Bahan Baku
Bahan baku yang kami gunakan
adalah:
No
|
Bahan
|
Harga
|
1
|
Tepung
terigu 1 kg
|
1kg = Rp
8.500,-
|
2
|
Tepung Sagu ¼ kg
|
¼ kg = Rp 4.000,-
|
3
|
Tepung
maizena ¼ kg
|
¼ kg = Rp
4.000,-
|
4
|
Mentega 1
bh
|
1 bh = Rp 6.500,-
|
5
|
Gula pasir
½ kg
|
½ kg = Rp
6.500,-
|
6
|
Telur ayam
1kg
|
Rp 20.500,-
|
7
|
Mayonaise 1kg
|
Rp 25.000,-
|
8
|
Bawang Bombay 2buah
|
Rp 5.000
|
13
|
Minyak
Goreng 1kg
|
Rp23.000
|
14
|
Air
Mineral
|
-
|
Total
|
Rp 103.000,-
|
D. Proses Produksi
Dalam proses produksi usaha ini
diantaranya :
a.
Menyiapkan bahan yang akan digunakan
b.
Mempersiapkan peralatan yang akan
digunakan
c.
Memulai proses pengerjaan
d.
Membersihkan hasil pekerjaan agar
lebih baik (finishing).
E. Proses
Pengerjaan
Dalam melakukan pekerjaan
dilakukan dengan rincian sebagai berikut:
Hari : Senin – sabtu
Waktu
: 05.30 – 07.30 WIB
BAB V
ASPEK KEUANGAN
A.
Rencana
produksi
1. Jenis produk
= Risol Mayonaise
2. Jumlah
produksi
= 150 biji/hari
B. Biaya tetap
1.
Peralatan
= Rp. 60.000,-
2. Bahan
baku
= Rp.103.000,- +
Jumlah = Rp.163.000,-
Modal = Rp.163.000,-
Harga jual =
Rp 2.500
Pendapatan =
Rp.2.500 x 150
= Rp. 375.000
Keuntungan = Rp. 375.000 – Rp. 163.000
= Rp. 212.000
BAB VI
PENUTUP
A. ANTISIPASI MASA DEPAN
Sebagai
wirausahawan yang baik, kami tidak akan membiarkan usaha ini berjalan secara mendatar. Kami akan terus mencoba memperbaiki kualitas pekerjaan kami, agar para peminat dan konsumen puas atas jajanan risol buah yang kami buat. Karena apabila kualitas jajanan kami tidak kami tingkatkan kemungkinan
besar usaha ini tidak akan maju, dan terancam bangkrut.
B. KESIMPULAN
Menurut kami usaha ini dapat berkembang dan akan mencapai keberhasilan. Kami sangat yakin bahwa usaha ini akan maju dan terus berkembang karena
dilakukan oleh orang–orang yang mempunyai kualitas dalam menjalankan setiap
pekerjaan. Kami sadar bahwa
usaha ini tak akan langsung berkembang pesat tapi kami akan terus berjuang untuk terus menjalankan dan mengembangkan usaha ini.
laporan keuangan nya tdk ada ya
BalasHapusproposal lau ga lengkap broo
BalasHapusizin pakai ya, saya remake untuk makalah
BalasHapusMenurut sebuah kelompok keuangan internasional, pertanian merupakan sumber mata pencaharian utama di seluruh dunia, terutama bagi sebagian besar masyarakat miskin yang tinggal di daerah pedesaan di negara berkembang. tantangan utama bagi sebagian besar petani ini adalah akses ke keuangan. kurangnya akses ke keuangan merupakan hambatan utama bagi petani dalam meningkatkan efisiensi produksi mereka dan mengadopsi teknologi yang lebih baik. Jadi, memiliki pemahaman yang lebih baik tentang keuangan pertanian adalah hal yang sangat penting bagi petani atau orang lain yang mungkin berhubungan dengannya dalam kehidupan sehari-hari. agar setelah membaca artikel ini, kita dapat memiliki pemahaman tentang konsep keuangan dan aplikasi praktis keuangan yang penting bagi siapa saja, terutama masalah manajerial penting di bidang pertanian yang melibatkan keuangan. hubungi pedroloanss@gmail.com untuk pinjaman pertanian dan jenis pinjaman lainnya dengan tingkat 2.
BalasHapusgada perhitungan laba/rugi nyaa yaaa????
BalasHapus